Maksiat di Bulan Suci

Asmara Subuh

Entah sejak bila dimulai, namun yang pasti tuan, tatkala kami masih sekolah di MTsN telah ada juga orang yang melakukan Asmara Subuh ini. Sungguh suatu kebiasaan yang mengherankan sebab hanya ada di Bulan Suci ini. Kenapa “mengherankan” kata kami tuan? Sebab kelakuan yang terjadi selama Asmara Subuh ini sungguh memperihatinkan, sangat dapat merusak ibadah puasa. Di bulan suci ini, perilaku sebagian anak mudanya tidaklah suci. Asmara Subuh merupakan ajang mencari jodoh, bahkan ada yang bertindak lebih jauh. Maklumlah yang mengikuti asmara subuh ini tidak hanya orang yang berpuasa melainkan juga yang tidak berpuasa. Zaman sekarang, jumlah orang yang mengaku beragama Islam yang tidak berpuasa semakin banyak saja. Tidak hanya anak-anak ataupun remaja, melainkan orang dewasapun banyak.
Asmara Subuh biasanya dimulai selepas Shalat Subuh, hanya sebagian dari mereka yang menunaikan Shalat Subuh. Kemudian mereka akan memulai berjalan berkelompok. Sesungguhnya Asmara Subuh ini dimulai oleh niat baik untuk berolah raga menjaga keadaan tubuh selama puasa. Jenis oleh raganya ialah jalan santai ataupun lari-lari kecil (joging). Namun dalam perkembangannya, orang-orang yang tak beriman menyalah-gunakan hal ini menjadi ajang untuk melakukan maksiat.


Ramai anak-anak dan remaja mengikuti asmara subuh ini. Mulai dari anak SD hingga remaja dewasa yang sedang kuliah. Jiwa muda yang sedang menggelegak telah membuat mereka kehilangan akal sehat. Ditambah lagi dengan ketiadaan pendidikan agama dari keluarga mereka. Ramai keluarga muslim sekarang mengabaikan pendidikan agama untuk anak-anak mereka. Maklumlah, bagaimana hendak mengajari anaknya? orang tua merekapun tak faham perihal agama.
Asmara subuh ini biasanya hanya berlaku di akhir pekan, sedangkan pada hari biasa tidak ada, sebab nantinya anak-anak akan sekolah. Mereka memutuskan untuk menghemat tenaga dengan tidur selepas sahur. Suatu kebiasaan yang mereka tiru dari orang tua mereka. Astagfirullah…
Sudah insyaf kah tuan, kenapa kita perlu mempelajari dan memahami agam kita. Sebab kehancuran moral umat Islam saat ini, salah satunya disebabkan oleh kebodohan umat Islam itu sendiri. Menganggap biasa perkara yang terlarang dalam agama, bahkan berkeras hati dalam kebodohan mereka. Sungguh kesabaran merupakan hal yang utama dalam menghadapi orang-orang semacam ini.
Asmara subuh merupakan suatu kebiasaan yang telah berlangsung lama di sebagian masyarakat kita. Banyak maksiat yang terjadi di sana, serta jodoh macam manakah yang hendak dicari oleh anak-anak muda ini dalam kegiatan asmara subuh yang penuh maksiat ini? Kenapa pula para orang tua membiarkan anak-anak mereka keluar rumah? dan kenapa pula di bulan yang dikatakan suci ini suatu kegiatan najis dibiarkan terjadi?
Semoga Allah membukakan hidayahnya dan memelihara kita dari hal-hal semacam itu, amiin…

 

sumber gambar: internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s