Sehat dengan Syari’ah

Pipis Jongkok

 

Dahulu, tatkala kami masih kecil ketika pergi ke surau  bersama datuk, meliau mengajak kami untuk berwudhu dahulu sebelum memasuki masjid. Sebelum berwudhu, beliau bersuci dahulu. Maksud bersuci ialah buang air besar ataupun kecil, ketika itu beliau buang air kecil. Adalah sangat aneh sekali bagi kami tatkala kami melihat beliau pipis sambil jongkok seperti perempuan. Ketika itu kami hanya diam saja, tak berani bertanya.

Kemudian dimasa kuliah, tatkala kami pergi ke sebuah surau dengan seorang kawan, seperti biasa tuan, kami berwudhu dahulu. Di temat wudhu kawan kami berujar “Huh.. tak taulah orang Islam sekarang, semuanya meniru Barat. Bahkan tempat pipis kita saja sudah dibuat layaknya orang Barat, pipis berdiri. Padahal sunnah nabi kita kan pipis itu jongkok..!”

“Memangnya begitu engku?” tanya kami.

“Benar, begitulah sunnah nabi kita. Bagaimana engku ini, orang Islam masa tak tahu perihal perkara remeh temeh macam ini..!” jawabnya.

Kamipun diam, belum pernah ada ustadz di surau yang membahas perkara ini. Mungkin karena menyangkut perkara yang masih tabu untuk diucapkan dihadapan khalayak. Makanya para penceramah segan untuk membahasnya ketika mengaji di surau.

Memanglah aneh tuan, sebab semenjak kecil kami diajarkan untuk pipis dengan cara berdiri sedangkan pipis dengan cara jonngkok dikatakan sebagai pipis cara perempuan. Coba tuan, apakah tuan mau dikatakan perempuan kalau pipis dengan cara duduk? Namun semenjak kawan kami mengatakan kalau itu sunnah nabi, maka kamipun mulai bimbang.

Setelah kami coba untuk mencari tahu, memanglah pipis dengan cara jongkok dalam ajaran Islam masihlah belum duduk benar persoalannya. Sebab ada beberapa hadis yang dianggap lemah membolehkan pipis berdiri, adapula hadis yang dianggap kuat mengajarkan untuk pipis dengan cara jongkok namun membolehkan pipis dengan cara berdiri untuk keadaan tertentu.

Menurut pemikiran kami, pipis dengan cara jongkok sangatlah baik, terutama dari segi kebersihan dan kesehatan. Apabila kita pandang dari segi kebersihan, maka pipis dengan cara jongkok akan mengurangi percikan air seni yang kemungkinan akan mengenai bagian bawah dari celana kita. Dalam pemandangan kami, hal ini terkadang sering terlupakan oleh kebanyakan dari kita. Sebab ada yang pipis dengan santai tanpa melipat celana bagian bawahnya. Atapun pipis ditempat pipis berdiri yang telah disediakan, tetap saja percikan air seni, sedikit banyaknya akan mengenai bagian tertentu dari celana.

Sedangkan dari segi kesehatan, pipis dengan cara jongkok ternyata banyak mengandung faedah, seperti yang kami dapat dari salah satu sumber di internet ini:

  1. Saat tuan jongkok, kandung kemih tuan akan tertekan sehingga menyebabkan semua air seni keluar dari dalam tubuh tanpa tersisa. Untuk menyempurnakan, sebaiknya tuan batuk-batuk kecil selama jongkok. Tujuannya ialah agar kandung kemih tuan lebih tertekan lagi sehingga tidak menyisakan air seni.
  2. Saat jongkok, biasanya diiringi dengan buang angin. Hal mana jarang sekali ditemui ketika tuan pipis dengan cara berdiri. Seperti kata orang kesehatan, buang angin itu sehat, karena ketika itu tuan membuang sisa-sisa metabolisme.
  3. Ketika tuan pipis dengan cara berdiri, ketika itu kandung kemih tuan tidak tertekan sehingga menyebabkan pipis tuan masih tertinggal di dalam tubuh. Hal ini tentunya akan menimbulkan beragam penyakit, sebab kotoran sisa dari metabolisme tubuh tuan masih tertinggal di dalam tubuh.
  4. Apabila tuan pipis dengan cara berdiri dan kemudian setelah itu tuan melakukan kegiatan yang menekan kandung kemih seperti duduk dan jongkok, maka hal tersebut akan mengakibatkan air seni yang sebelumnya tidak keluar dengan sempurna (masih tertinggal di kandung kemih) akan keluar dengan sendirinya. Sering hal ini terjadi tanpa kita sadari, jadi bagaimana kiranya menurut tuan?
  5. Keluarnya air seni dengan sempurna juga dapat menghindari tuan dari kanker prostat.

 

Jadi bagaimana kiranya menurut tuan, hidup sesuai dengan syari’ah itu sehatkan?

 

 

 

sumber gambar: internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s