Berlapang Hati..

 Benci & Dendam

 

Orang yang paling bahagia hidupnya ialah orang yang memiliki banyak kawan, begitulah kata orang bijak. Artinya ialah orang yang paling sedikit musuhnya karena dalam hidup dia selalu sabar dan berlapang hati dalam menghadapi setiap persoalan. Mengalah adalah sifatnya, karena orang semacam ini sama sekali tidak suka pertikaian (konfrontasi). Oleh karena itu banyak orang-orang suka kepadanya.

Namun tuan, adalah suatu keanehan kami temui dalam satu petuah lainnya yakni, Sebanyak orang yang suka kepada mu, maka sebanyak itupula yang membenci mu. Kalau begitu petuah yang pertama tentunya ialah perkara yang mustahil?

Memanglah dalam menjalani kehidupan kita selalu menghadapi kesusahan dalam berhadapan dengan orang lain. Sayyidina Ali pernah berkata, memenuhi keinginan setiap orang merupakan perkara yang mustahil bagi mu. Memanglah benar demikian, sebab sebaik-baik apapun kita tetap ada saja orang-orang yang tidak senang. Tampaknya setiap manusia telah ditakdirkan untuk memiliki musuh, bukankah nabi kita Muhammad SAW selalu memiliki musuh dalam hidupnya hingga akhir hayat. Bahkan selepas kematiannya hingga kini selalu terdapat orang-orang yang membencinya pada setiap zaman.

Terkadang terbesit rasa sedih di hati, kenapa selalu ada saja hal-hal yang tidak disukai oleh orang-orang  pada diri seseorang (orang lain)? Kenapa mereka tidak mau berlapang hati menerima keadaan seseorang? Bukankah mereka juga memiliki kekurangan?

Benci, dendam, dan amarah selalu menyertai kita dalam kehidupan ini. Rasa ini pulalah yang sedang kami perangi dalam diri kami. Terkadang bagi orang pandir, orang yang tidak pandai atau pernah menunjukkan amarahnya merupakan orang lemah. Orang yang tak berani memukul ataupun menghajar seseorang bagi mereka orang lemah. Kuat mereka identikkan dengan kemampuan fisik, terutama untuk berkelahi.

Sungguh sangat disayangkan pemikiran serupa itu masih ada di zaman yang katanya penuh dengan ilmu pengetahuan. Banyak sarjana di negeri ini, namun perangai mereka masih serupa orang yang tak pernah bersekolah. Katakan tuan, dimana gerangan permasalahannya?

 

 

 

sumber gambar: internet

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s