Keindahan Alam di Pagi hari

Bukti Kebesaran Allah

 

Pemandangan di pagi hari pada salah satu kampung di nagari kami.

Bangun pagi untuk menunaikan shalat subuh dan kemudian menyebar di muka bumi untuk mencari penghidupan merupakan bagian dari ajaran Islam. Tidak dibenarkan untuk tidur kembali selepas shalat subuh, apalagi bangun terlambat dan tidak mengerjakan shalat subuh. Ajaran Islam tersebut selaras dengan para pakar kesehatan yang menyatakan bahwa bangun pagi itu menyehatkan. Namun sayangnya sebagian besar muslim mengabaikannya. Sangat banyak umat muslim yang bangun terlambat dan tidak mengerjakan shalat subuh.

Bangun pagi bagi kami merupakan sesuatu yang menyenangkan, sebab dipagi harilah keindahan alam itu terwujud dan sangat elok dipandang mata. Ketika sinar matahari di ufuk timur mulai memancar menyinari negeri, menambah pesona kecantikan dari alam itu sendiri. Bagi para fotografer, keadaan alam pada pagi hari merupakan saat yang tepat untuk mengambil gambar dan mengabadikannya. Sebab menurut pendapat para fotografer, keadaan pencahayaan pada pagi hari sangat membantu bagi mereka. Karena jika sudah mengarah ke tengah hari maka akan sulit bagi mereka mengatur pencahayaan dan mendapat gambar yang cantik.

Itu pulalah yang kami dapati tadi pagi, embun yang tak begitu tebal, sinar matahari yang kemerah-merahan menyinari kampung kami. Barisan pepohonan, bukit-bukit, dan jalan yang melengkung menambah pesona kampung kami. Hal inilah kiranya yang selalu kami rindukan sehingga memangil-manggil kami untuk pulang ke kampung halaman.

Bagaimana dengan kampung tuan, negeri tuan? Adakah demikian pula?

Buya Hamka pernah berujar, bahwa telah banyak negeri yang dikunjunginya, indah dan cantik. Namun tak ada yang dapat mengalahkan pesona keelokan kampung halamannya, Sungai Batang..

 

 

sumber gambar: koleksi pribadi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s