Korban Fitnah

 Orang-orang yang Teraniaya

 

Bagaimana kabarnya Guantanamo pada masa sekarang? Kalau kami tak salah dahulu semasa kampanye pertama dari Presiden Obama, dia pernah berjanji hendak menutup fasilitas penjara ini. Begitu juga dengan penarikan tentara dari Irak dan Afganistan, dia juga menjajikan hal tersebut. Kami kembali teringat akan hal ini tatkala pada beberapa malam yang lalu menyaksikan sebuah liputan yang dibuat oleh stasiun tv Al Jazeera perihal dua orang mantan tahanan Guantanamo yang telah dilepaskan.

Filem ini memperlihatkan rekaman interogasi antara tahanan yang bernama Omar (Umar) Khadar dimana dia dikurung pada suatu ruangan dan ditanyai (interogasi). Tentunya dengan cara yang pantas, tak mungkin rasanya rekaman ini dapat beredar kalau terdapat kekerasan di sana. Para interogator disamarkan wajahnya dan selama interogasi hanya terjadi komunikasi verbal tanpa adanya kontak fisik. Hanya saja Omar dikurung dalam ruangan tersebut dalam waktu yang cukup lama sehingga membuat di tertekan. Begitu tertekannya Omar dia sempat berujar “Ya.. ummy..ya..ummy..”

Ibunya yang diperlihatkan rekaman tersebut sempat menahan air mata, dia juga diwawancarai bersama dengan adik perempuan Omar oleh pembuat filem dokumentar ini. Karena Bahasa Inggris kami sangat buruk maka kami tidak dapat mengerti sepenuhnya isi dari tayangan ini. Omar ditahan dan diinterogasi dalam ruangan yang sama selama beberapa hari.

Kami sendiri bertanya-tanya, gerangan apa yang tengah menimpa  para tahanan yang dituduh melakukan tindakan teroris di negeri ini? Soalnya kami sendiri telah banyak mendapat kabar perihal keadaan dalam penjara yang menimpa para tahanan. Azas praduga tak bersalah yang dianut oleh negeri ini tampaknya hanya sekedar slogan pemanis mulut.

Semua orang tahu dan sadar dengan keadaan para tahanan di dalam tangan polisi. Telah banyak cerita beredar, namun tatkala media mengabarkan bahwa para teroris sudah ditangkap, bahkan ada yang ditayangkan rekaman permintaan maaf dari beberapa orang teroris, semua orang tetap termakan, mereka percaya dengan apa yang mereka lihat dan mereka dengar. Logika mereka tidak jalan, pandangan mereka kabur, dan pendengaran mereka telah lemah. Tatkala mereka melihat orang-orang mengangguk, mereka ikut pula mengangguk. Sungguh sangat menyedihkan nasib umat Islam, dibodohi dan diperbodoh. Pantas dunia Islam masih terpuruk dan dikuasai oleh orang-orang kafir.

Kita hanya dapat berdo’a semoga saudara-saudara kita yang tengah mendapat cobaan berat tersebut dapat melaluinya dengan sabar dan tabah. Kalaulah kami yang berada di tempat mereka sekarang maka besar kemungkinan kami takkan sanggup menanggung segala cobaan tersebut. Semoga saja perlindungan Allah selalu bersama mereka, amiiin..

 

 

 

sumber gambar: internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s