Kemalangan di Pagi Hari

Mobil Terperosok

inilah mobil yang terperosok, di belakang mobil telah menanti batang aia untuk dimasuki.
Foto: Koleksi Pribadi

Pada Ahad pagi tanggal 28 Oktober 2012 tatkala kami berangkat dari rumah menuju kota tempat kami bekerja, kami mendapati suatu kejadian aneh yakni sebuah mobil Daihatsu entah bagaimana caranya berada di dalam lurah di tepi batang aia (sungai). Dasar lurah merupakan kebun milik penduduk,  tampaknya telah rusak sebagiannya. Di tepi jalan yakni di atas lurah terdapat beberapa orang menonton.

Kami tak tahu pasti, sebab karena terkejar oleh waktu karena kami harus masuk kerja pada pukul 9.00 pagi ini maka kami terus saja berlalu. Namun sejauh pengamatan kami, terdapat beberapa orang di dekat mobil yang satu sedang memasang semacam penggerek untuk menarik mobil supaya dapat dibawa ke atas.

Bagian depan mobil telah rusak, pada sisi sampingnya juga telah penyok. Kemungkinan kejadiannya tengah malam atau pagi parak siang[1] tadi. Tampaknya tak ada korban jiwa, semua penumpang selamat, namun itu hanya sebatas pengamatan kami tuan, sebab kami tak bertanya.

Walaupun telah terperosok ke dalam lurah, namun para penumpang dan pengemudi dapat kita katakan beruntung karena sekitar kurang lebih dua meter lagi terdapat batang aia[2] yang siap menerima mereka dengan tangan terbuka. Walaupun tidak berair deras, namun tetap berbahaya juga.

Kejadian ini terjadi di daerah yang bernama Tampuniak Nagari Koto Gadang Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Keadaan jalan disini memanglah kecil atau tidak lebar serta berliku, sangat jarang ada yang lurus. Jalan ini biasa ditempuh oleh orang-orang dari Bukittinggi-Agam yang hendak menuju Batusangkar. Keadaan jalan di Tampuniak ini cukup aman karena disisi jalan ada tebing dan lurah, namun apabila kita telah menuju ke arah Tanjuang Alai di daerah Tanah Datar maka disisi jalan memanglah ditemani tebing juga namun berkawan dangan jurang, bukan lurah lagi.

Begitulah kejadian yang kami dapati pada pagi hari yang mendung, maklumlah tuan sedang musim penghujan pada saat sekarang.


[1] Istilah yang digunakan oleh orang Minang untuk pagi buta.

[2] Sungai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s