Mendung tak Berarti Sedih

Mendung di Akhir Pekan

batu baraguang (3)Hari jum’at pekan pertama bulan November kami putuskan untuk pulang kampung. Walau musim hujan sedang melanda negeri kami namun hal tersebut tak mengurangi keinginan ku. Memanglah sudah hampir satu bulan ini hari-hari selalu diwarnai dengan hujan baik itu lebat maupun rinai (gerimis). Selain itu awan mendung, udara dingin, dan angin kencang sering juga menyapa sesekali. Kami paling cemas dengan angin kencang sebab sering kali sakit selepas itu. Awan hitam ataupun awan mendung tak henti-hentinya menaungi kami, hampir setiap hari. Hanya sesekali matahari memperlihatkan sinarnya dan beberapa saat selepas itu kembali lagi mendung.

Begitula tuan keadaan cuaca di negeri kami pada hari ini. Namun entah kenapa, kami menikmati hal tersebut. Terutama sekali apabila dalam perjalanan pulang maupun kembali. Sangatlah lain rasanya apabila dalam perjalanan kami tidak didera oleh hujan ataupun dihantam oleh angin. Sepertinya sudah menjadi petualangan yang mengasyikkan. Lebih nikmat berjalan ketika cuaca mendung, entah kenapa kami merasa suasana jalan yang kami lalui lebih hidup.

Kendaraan yang telah beberapa tahun ini setia mengawani kami ialah motor Honda Suprafit Standar. Kalau tidak salah keluaran tahun 2005. Dalam perjalanan kami dilengkapi oleh satu pasang mantel hujan (mantel celana), sarung tangan, syal, rompi anti angin, baju hangat (sweter), jaket, sepatu boot, dan tentu saja helem. Tas ransel dibungkus dengan mantel tas ditambah dengan plastik asoi besar (kantong plasting besar) yang menutup sebagian besar tas kami. Sehingga apabila hujan tas beserta isinya akan dapat terselamatkan. Sepatu boot kami pakai karena jika memakai sepatu biasa, air masih dapat meresap masuk. Sepatu bootkan anti air sehingga tetap membuat kaki kami kering.

Begitulah tuan, selama dua hari tiga malam kami di rumah, hujan ataupun mendung dengan setia menemani. Mengasyikkan bagi kami karena dengan suasana ini rumah benar-benar menjadi tempat yang nyaman. Namun bagi Si Palala[1] cuaca saat ini tentulah menyengsarakan, menghambat langkah kaki ke tempat yang hendak di tuju.

Itulah keadaan hari ini, saat ini kami sedang berada di bilik buruk kami di rumah orang tua di kampung. Menatap ke hamparan parak (kebun) di belakang rumah, sudah ditumbuhi semak, tak terawat. Batang durian yang tingginya melebihi sepuluh meter, dengan  batang manggis si kawan setia yang telah bertahun-tahun menemaninya, serta batang kapelo (ubi batang) yang berbaris dengan rapi semenjak kemarin dahulu , batang pisang yang berdampingan dengan anaknya, dan batang kalikih (pepaya) yang berdiri sendirian.

Saat ini, daun-daun mereka sedang melambai-lambai ditiup angin tengah hari, baru saja zuhur masuk. Namun angin sangatlah kencang, awan mendung, dan udara cukup dingin, cuaca mendung tentunya menurut tuan berpengaruh kepada hati yang mendung pula. Tidak tuan, hati kami lumayan senang, sangat menikmati suasana ini. sendirian di dalam bilik, mata tertuju ke layar laptop, dan tangan menari-nari lincah di atas keyboard. Wah.. sudah serasa bak penyair pula kami ini, hehe…

Namun ada satu perkara aneh yang kami rasakan. Tak peduli apakah itu hari cerah ataupun mendung. Disetiap akhir pekan selalu terdengar oleh kami suara mesin sinso[2]

Selamat berhari libur, selamat berehat, dan selamat berkumpul lagi dengan keluarga dan orang yang dikasihi.


[1] Palala ialah julukan bagi orang yang tak suka (betah) tinggal di rumah. selalu gatal kakinya hendak berjalan, apakah itu ke tempat kawan sepergaulan, ke lepau (kedai), ataupun sekedar berjalan-jalan keliling kampung.

[2] Gergaji mesin yang menggunakan bahan bakar bensin. Di kampung kami terdapat orang-orang yang menjual jasa dalam menebang pohon-pohon besar. Mereka ini memiliki satu atau beberapa buah mesin sinso yang membantu mereka dalam bekerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s