The DUNGU’s Man..

smart-chimpKami pernah mendengar orang yang mengatakan bahwa “Apabila dalam kehidupan tuan, tuan bersua dengan orang yang kurang pandai menjaga lisannya, tak pandai menenggang orang lain dalam berbuat dan bercakap, maka itulah merupakan suatu tanda orang yang berjiwa kerdil..

Terdengar pula oleh kami ada orang yang berkata “Orang yang tak memikirkan orang yang akan tersinggung dengan lisan dan perbuatannya adalah orang yang tak berotak..

reno911miami8Serta ada pula yang berpendapat serupa ini “Orang yang mudah sekali melontarkan suatu perkataan (pernyataan) tanpa memikirkan terlebih dahulu dari apa yang diucapkannya. Dimana dapat saja ucapannya menimbulkan rasa susah dan duka di hati orang yang mendengarnya. Maka itu merupakan tanda-tanda orang yang tak arif dan tak bijak dalam menyikapi dan memaknai kehidupan. Orang yang menganggap dirinyalah yang paling benar sedangkan orang lain salah. Orang yang menilai orang lain dari sudut pandang dirinya yang penuh kekurangan. Orang yang mata lahir dan mata bathinnya telah dibutakan oleh Allah Ta’ala. Orang ini semacam perumpamaan orang dungu yang tak tahu kalau dia itu dungu, dan orang serupa ini merupakan semalang-malang orang.. “

FrogCoconutItulah yang terkenang oleh kami tatkala kami mendengar sebuah kisah dari kawan kami. Dia bercerita perihal perasaian dirinya dalam berhadapan dengan orang-orang dungu semacam ini. Apalah daya sebab kawan kami tak ada kuasa, bercakap salah dan apabila diampun salah. Semuanya serba salah.. Orang-orang ini beranggapan bahwa dunia ini harus berputar dan berjalan sesuai dengan kehendak mereka. Jika tak sesuai, maka mereka akan marah-marah, mengerutu, mengumpat dan berkata kasar. Itulah mereka, para katak yang berada di bawah tempurung.

Kami bergurau “Engku, mereka kan koncek* jadi wajar saja kalau engku dan mereka tak dapat menjalin komunikasi dengan baik. Sebab spesies kita dengan mereka telah berbeda, ditambah lagi dengan pola fikir, perilaku, tabi’at, kebiasaan, dan lain sebagainya. Manakan mereka akan faham yang engku sampaikan, akal mereka tak ada. Jadi kita yang berakal inilah yang harus bersabar dan menahan hati.”

“Haha.. benar engku, itulah yang ada difikiran ku saat ini. Manusia takkan pernah dapat berkomunikasi dengan binatang, sebab tingkat kecerdasan binatang berbeda dengan kita. Lagipula, binatang dalam  menjalani hari-hari, mereka selalu menggunakan nafsu. Ya tuan, binatang hanya menggunakan nafsu, jadi apabbila ada manusia yang hanya menggunakan nafsu saja tapi tidak yang lain. Maka mereka itu adalah binatang..” jawab kawan kami ini dengan senyuman menyakitkan.

Tampaknya tidak hanya senyumannya yang menyakitkan akan tetapi juga perkataannya. Yang kami syukuri, bukan kepada kamilah perkataan itu dimaksudkan.

katak bawah tempurung 1Kawan kami ini mejelaskan bahwa pada suatu rapat, kawan kami ini mendapat serangan yang tak mengenakkan dari salah seorang dari beberapa ekor koncek yang dihadapinya. Dihadapan kawan-kawan yang lain, seekor koncek yang selama ini dikenal paling bising diantara yang lain,  dimana bunyi “ueeekk..” nyalah yang paling nyaring, paling sering membuat ulah, dan lain sebagainya. Melakukan penyerangan secara langsung, tanpa menggunakan kiasan apalagi perumpamaan, serupa salah seorang politisi di republik ini yang dahulunya mantan pengacara dan artis yang suka bercakap langsung tanpa dikirkan terlebih dahulu. Begitulah kejadian yang menimpa kawan ini.

Apa yang berlaku pada kawan kami ini tuan?

Marah, kesal, sedih, muak, dan berbagai perasaan bercampur baur. Tapi sekali lagi dia berkata kepada dirinya sendiri “Apakah engkau akan balas menggigit, apabila seekor anjing menggigit betis mu..?

“Whahaha…haha..” kami tergelak mendengar ceritanya.

*Koncek ialah Bahasa Minangkabau untuk “Katak”

Ilustrasi gambar: internet

2 thoughts on “The DUNGU’s Man..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s