Merindu Mu..

gambar ilustrasi: internet

gambar ilustrasi: internet

Beberapa orang menganggap bid’ah, yang lain beranggapan boleh, bagaimana dengan anggapan tuan?

Sungguh perkara yang menyangkut suatu amalan sangat susah sekali untuk dicari hukum pastinya. Kenapa? Karena sedikitnya orang yang ahli hukum agama (ulama, faqih) dan munculnya perkara-perkara baru yang tidak ada di zaman sebelumnya. Sehingga hal ini menyebabkan para ulama harus kembali berijtihad dan mengeluarkan fatwa perihal perkara tersebut. Dan perkara berijtihad dan berfatwa bukanlah perkara mudah tuan. Sangatlah berat perkara yang demikian.

Lalu bagaimana pandangan kita yang masih awam dalam ilmu agama dalam menyikapi hal ini?

Kata orang yang sudah ahli dan mendalam pengetahuan agamanya, kalau bagi orang-orang yang masih awam dalam beragama maka hendaknya ia mengikut fatwa salah seorang ulama yang diyakini kebenarannya oleh yang bersangkutan. Mengenai perkara ini sudah kami jelaskan pada tulisan kami yang dimuat pada postingan sebelumnya (Taklid atau Ittibaa).

gambar ilustrasi: internet

gambar ilustrasi: internet

Seperti kata orang bijak, semuanya bergantung pada nawaitu. Bagi tuan dan engku yang memilih untuk memperingati hari besar ini maka silahkan bersihkan niat karena Allah, tanpa ada niat untuk menyekutukannya. Jangan pula ditambah dengan perilaku yang aneh-aneh apalagi melanggar syari’at seperti syirik.

Bagi yang menolak, silahkan dan tak apa. Sebab masing-masing pendapat memiliki dalil dan mengandung kebenaran menurut sudut pandangnya masing-masing. Perbedaan pendapat perihal suatu hukum sudah menjadi sesuatu yang biasa bagi para ulama semenjak zaman dahulu. Hanya saja kita berhati-hati, jangan sampai Kaum Abdullah bin Ubay (SEPILIS) menyusupi dan merasuki kehidupan beragama kita.

Semoga Allah ta’ala menjauhkan kita dari setan-setan laknat ini.. (SEPILIS)

Amiin ya Allah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s