Shalat di Surau

Ilustrasi Gambar: Internet

Ilustrasi Gambar: Internet

Tatkala kami mulai memasuki masjid dan bersiap hendak mendirikan shalat berjama’ah di masjid dekat rumah kami. Terbaun oleh kami bau obat balsem yang biasa dipakai oleh orang apabila masuk angin. Setelah kami amati dengan baik, rupanya bau itu berasal dari obat koyo bermerek Salonpas. Awalnya kami merasa terganggu dengan bau ini. Namun dengan segera fikiran tersebut sirna dengan sendirinya.

Suara-suara di hati kamipun berujar “Ah.. kenapa engkau merasa terganggu dengan bau ini. Cobalah tengok orang itu, walau dia sakit kurang enak badan, namun dibawanya juga badannya yang sakit itu ke surau. Bagaimana dengan engkau..?! Dengan alasan sakit yang tidak mengurangi segala daya dan upayamu untuk datang ke surau. Akan tetapi engkau malah memilih untuk tetap berdiam di rumah dengan alasan “sakit”. Tak malukah engkau dengan orang itu? Tak malukah engkau..!”

Tersirap darah kami mendengar kata-kata yang keluar begitu saja dari dalam hati kami. Memang benarlah demikian adanya engku. Terkadang terbit rasa enggan di hati ini untuk datang ke surau apabila terasa sedikit rasa sakit di badan ini. Atau apabila hujan terun walau tidak begitu lebat, tetapi kami jadikan alasan untuk tidak datang ke surau mendirikan shalat berjama’ah.

Dan senja hari ini disaat magrib, kami merasa malu sendiri dengan diri kami. Kalah dari orang lain dalam perkara remeh ini. Perkara datang ke masjid..

Memanglah ilmu agama kami sangatlah sedikit, penerapannya dalam kehidupan sehari-haripun tidak pula banyak. Lebih banyak  memperturutkan hawa nafsu dan rayuan syetan, terjerumus kedalam prasangka buruk, perbuatan tercela, dan lain sebagainya. Belumlah berhasil kami mendirikan shalat dengan baik karena segala tingkah pola kami masih belumlah sempurna sesuai dengan syari’at agama.

Bagaimana kiranya dengan engku dan encik sekalian? Berapa kalikah dalam sehari engku dan encik pergi ke surau dalam rangka memakmurkan Rumah Allah itu..?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s