Kerja Kelompok

Gambar Ilustrasi: Internet

Gambar Ilustrasi: Internet

Apakah kerja kelompok itu? selama ini kami selalu heran dan bingung dengan pengertian dan pemahaman kawan-kawan kami perihal kerja kelompok ini.

Pernah seorang kawan kami mengisahkan pengalamannya.

Dalam suatu penyelenggaraan kegiatan, dia ditunjuk mengepalai suatu urusan (seksi). Anggotanya ialah perempuan semua. Awalnya dia mengira apabila demikian, tentulah akan mudah baginya menjalin perhubungan (komunikasi) dengan kawan-kawan satu kelompok dengannya. Awalnya dalam setiap rapat berjalan lancar walau ada terjadi sifat keras yang ditunjukkan oleh salah seorang kawan.

Namun lama-kelamaan dia merasa ada yang janggal. Apa pasal?

Semua pekerjaan diserahkan kepadanya sebagai ketua, sungguh aneh sekali sebab dia merupakan ketua? Kawan-kawannya yang induak-induak[1] ini hanya pandai bicara saja. berkata ini dan itu, mereka-reka (berteori) mengenai rancangan (konsep) acara namun untuk pelaksanaan diserahkan kepada dirinya.

Apakah ini semua karena dia yang termuda atau memang karena semua kawan-kawannya ini memang bajingan?

Perilaku semua orang telah berubah, dan ini semuapun telah dapat diramalkan. Penyelenggaraan kegiatan ini tak berjalan dengan baik. Pastilah terjadi masalah dalam acara tersebut nantinya, dan fikiran terburuk ialah akan banyak datang masalah. Dan semuanya ini akan ditumpahkan kepadanya segala kesalahan tersebut, dialah yang akan diminta pertanggung jawaban. Memang begitulah adanya..

Gambar Ilustrasi: Internet

Gambar Ilustrasi: Internet

Kamipun heran, bukankah seharusnya  setiap pekerjaan dalam perencanaan pada kelompok itu dibagikan. Bukan ditumpukan kepada satu orang saja. bukan pula para anggota akan berperan aktif hanya pada saat hari pelaksanannya saja.

Kalau memang demikian, maka penyelenggaraan kegiatan takkan berjalan lancar, akan timbul berbagai masalah, dan masing-masing anggota akan saling menyalahkan.

Kita nanti saja kisah kawan kami ini nantinya, kami khawatir kalau perkiraan kami benar-benar terjadi. Kasihan dia…


[1] Ibu-ibu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s