Hidayah..

Ilustrasi Gambar: Internet

Ilustrasi Gambar: Internet

Khutbah Jum’at kali ini kami mendapat beberapa pesan yang patut untuk dijadikan renungan. Memanglah sangat jarang mendapat khutbah yang berkesan. Sebab kebanyakan hanya lalu saja, apakah karena diri ini yang bebal dan hati kami yang telah tertutupi atau pengkhutbah yang kurang pandai mengemas khutbahnya.

Jum’at kali ini kami mendapat tambahan pelajaran baru. Ustadz yang berkhutbah menjelaskan hendaknya kita jangan terlalu terkejut jika melihat ada orang berbuat salah, khilaf, ataupun maksiat. Padahal orang tersebut selama ini kita kenal baik dan taat beribadah.

Sama kiranya kita jangan terkejut pula apabila melihat seorang yang selama ini dikenal ahli maksiat berbuat baik atau suatu amal kabajikan. Sebab hati manusia kita tiada tahu, Allahlah penguasa hati, Allah pulalah yang sanggup membolak-balikkan hati hambanya.

Dalam menjalani kehidupan ini setiap manusia pastilah mendapat dan mengalami godaan dan cobaan. Masing-masing diri memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyikapi datangnya cobaan tersebut. Ada yang tergelincir yakni bagi orang yang lemah iman dan pengendalian dirinya, dan ada juga yang berhasil melaluinya.

Tidak selalu yang lemah iman yang tergelincir, bagi orang-orang yang beriman kuat namun karena pengendalian diri mereka kurangpun kerap terjerumus. Oleh karena itulah sering terlihat seseorang yang terkenal kuat dalah hal agama akhirnya tergelincir juga ke perbuatan maksiat.

Hidayah Allah itu datang kepada sesiapa yang dikehendakinya. Dapat saja datang kepada seorang ahli maksiat dan kemudian dia berubah. Namun ada juga yang tak sampai seperti kepada orang yang kuat dalam beragama dan akhirnya tergelincir juga.

Seperti kata beberapa orang, hidayah itu dicari bukan dinanti. Begitulah hendaknya kita dalam memandangi kehidupan ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s