Balimau

Limau Kaciak yang kami tak tahu apa namanya.

Limau Kaciak yang kami tak tahu apa namanya.

Baliamau, merupakan kata dalam Bahasa Minangkabau yang berarti menyiramkan air ke kepala ketika mandi. Balimau sendiri berasal dari kata limau yang diberi awalan ba-. Limau, berarti jeruk atau orang Minangkabau juga menyebutnya dengan sebutan asam.

Balimau sesungguhnya berasal dari kebiasaan orang Minangkabau sebelum memasuki Bulan Puasa. Dimana balimau dilakukan petang hari (ada juga yang mengerjakannya pada pagi dan petang hari) di malam pertama Ramadhan dengan menggunakan ramuan khusus yang disebut Bungo Rampai. Air dari Bungo Rampai inilah yang digunakan untuk balimau oleh orang Minangkabau.

Sehingga dinamailah oleh orang Minangkabau satu hari sebelum bulan Ramadhan atau hari terakhir pada Bulan Sya’ban sebagai Hari Balimau atau Balimau saja. Dan kata ini tidak hanya dipakai ketika menyiramkan air ke kepala ketika Hari Balimau saja melainkan menjadi penamaan bagi orang Minangkabau dalam menyiramkan air ke kepala pada waktu mandi.

Bungo Rampai[1] ialah ramuan yang terdiri dari beberapa bahan berupa bungo nango, pandan, bungo melati, limau kapeh, limau kaciak, dan beberapa bahan-bahan lainnya (yang hingga kini belum berhasil kami ketahui).

Ramuan ini mengeluarkan bau yang harum, mungkin ini salah satu penyebab kenapa digunakan ramuan tersebut. Karena hendak menyambut bulan mulia maka kita bersihkan diri dengan segala yang baik-baik, bersih, dan harum (wangi).

Ramuan ini pada masa dahulunya sangat banyak dijual oleh amai-amai di Pasa Banto di Bukittinggi. Entalah pada masa sekarang, apakah masih ada juga orang yang menjualnya?


[1] Bungo berarti “bunga”.

One thought on “Balimau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s