The Ramadhan Team..

Masjid Wazir Khan Pakistan. Gambar: http://islamic-arts.org/

Masjid Wazir Khan Pakistan.
Gambar: http://islamic-arts.org/

Ada satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari Bulan Ramadhan di negeri kita yakninya “Tim Ramadhan” atau ada juga yang menyebutnya dengan “Safari Ramdhan”. Merupakan suatu tim yang dibentuk oleh pemerintah daerah yang akan menziarahi masing-masing masjid. Salah satu tujuan mereka ialah guna mensosialisasikan kebijakan dari pemerintah daerah. Tidak hanya di tingkat Kabupaten dan Kota melainkan juga kecamatan dan nagari.

Kedatangan tim ini tidak hanya terdiri dari para pejabat pada setiap kabupaten atau kota. Melainkan juga diiringi oleh seorang mubalig yang akan memberikan ceramah Ramadhan. Mula-mula ketua tim akan dipersilahkan memberikan ceramah singkat, menguraikan tujuan kedatangan mereka serta memperkenalkan anggota rombongan mereka satu per-satu.

Terkadang uraian atau ceramah dari ketua tim akan berjalan lamai, apalagi jika ditambah dengan sesi tanya-jawab. Terkadang dapat memakai waktu hampir satu jam, belum lagi ceramah ramadhan yang hendak disampaikan nanti. Salah seorang kawan pernah berkelakar “Engku, bisa-bisa pulang pukul sebelas nanti kita..”[1]

Na.. engku dan encik sekalian, hal inilah yang menimpa kami beberapa malam yang lalu. Karena hingga pukul sembilan kurang seperempat belum ada tanda-tanda tanya-jawab akan berakhir. Maka salah seorang kawan kami berujar “Engku, Tarawih di rumah sajalah kita. Ini takkan berkesudahan tampaknya..”

Dalam hati kami berujar “Kalau di rumah takkan Shalat Tarawih kita, melainkan langsung tidur..”

Namun akhirnya kamipun mengamini. Si engku lebih dahulu keluar dan kemudian selepas itu kamipun berjalan keluar. Sungguh terlalu, sosialisasikan kan tak harus menanti Bulan Ramadhan, dapat dilakukan kapan saja. pejabat turun ke bawah tidak hanya pada bulan puasa atau pada saat kampanye saja, melainkan dapat kapan saja.

sumber gambar: http://islamic-arts.org/2011/reading-masjid-wazir-khan/


[1] Waktu Isya di tempat kami ialah pukul 7.40-7.45

One thought on “The Ramadhan Team..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s