Tasauf: Perkembangan & Pemurniannya

Ilustrasi Gambar: Internet

Ilustrasi Gambar: Internet

Judul Buku          : Tasawuf: Perkembangan dan Pemurniannya.

Pengarang          : Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amirullah

Penerbit              : Pustaka Panjimas

Tempat Terbit   : Jakarta

Tahun                   : 1983

Cetakan               : Ke 29 Th.1994

Tebal                     : 237 Halaman

Dalam buku ini Buya Hamka mencoba menggambarkan sejarah awal perkembangan Tasawuf di Dunia Islam. Beliau juga membantah pendapat sebagian besar para orientalis yang menyatakan bahwa Tasawuf merupakan aliran sempalan hasil pengaruh dari Filsafat dan Kepercayaan Nasrani, India (Hindu&Budha), Persia, dan Yunani. Beliau menjawab tuduhan tersebut dengan sangat baik, terstruktur dan logis.

Buku ini juga menggambarkan sekilas perkembangan kehidupan beragama umat Islam dari masa ke masa. Sehingga tergambar jelas penyebab kemundurannya kehidupan peradaban Islam. Beberapa aliran tasawuf juga beliau terangkan dengan baik berikut para guru (syech) pendiri aliran tersebut.

Beliau juga menerangkan hubungan antara tasawuf dengan filsafat. Suatu penjelasan yang memberi kita banyak pengetahuan mengenai perbedaan keduanya. Beberapa ajaran pokok dari beberapa aliran tasawuf juga beliau terangkan dengan sangat baik.

Hubungan antara kehidupan beragama di Timur Tengah serta dunia Islam di Ranah Melayu ini juga beliau terangkan dengan baik. Akan tampak benang merah keduanya dan semakin kukuhlah pandangan (teori) beliau yang mengatakan bahwa Islam di Indonesia dibawa langsung dari Tanah Arab. Bukan melalui perantaraan India ataupun Cina.

Berbagai kekhilafan yang terjadi dalam ilmu tasawuf juga beliau ulasan. Seperti apakah yang khilaf itu dan seperti apapula yang sebenar berasal dari ajaran agama Islam. Mana-mana ajaran yang berasal dari luar Islam, bercampur antara yang haq dengan yang bathil, dan serupa apa ajaran sebenarnya yang diajarkan oleh para sufi zaman awal.

Buku ini sangat berguna dan berfaedah sekali untuk menambah pengetahuan dan pemahaman Keislaman kita. Menyingkap yang tersembunyi dan menjadi suluh dalam kegelapan. Memahami agama dan memaknai kehidupan zaman sekarang. Menjadi jelaslah dihadapan kita, mana yang sebenar ajaran Islam dan mana pula yang hasil buatan dan diambil dari keyakinan di luar agama kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s