4 Unsur Abadi

Ilustrasi gambar: Internet

Ilustrasi gambar: Internet

Pernahkah engku mendengar mengenai empat unsur alam? Kalau kami tak salah, pada beberapa filem hal ini pernah disebut-sebut. Bahkan di filem anak-anakpun ada pula, kalau di Cina terdapat lima unsur alam sedangkan di Barat ada empat. Keempat unsur itu ialah Api, Tanah, Air, dan Udara. Seperti yang dibahas dalam filem kartun Avatar. Sedangkan lima unsur di Cina ialah sama dengan yang di Barat, hanya saja Udara digantikan oleh Unsur Kayu dan Logam.

Tahukah engku siapakah kiranya yang memulai mengeluarkan ide itu, yang menciptakannya?

Dia adalah salah seorang filsuf Yunani dari Sicilia, namanya Empodocles (490-430SM). Dia berpendapat bahwa kehidupan terbentuk dari menyatunya keempat unsur tersebut. Keempat unsur tersebut pada hakikatnya tidak pernah berubah ataupun hilang melainkan tetap abadi. Kehidupan berawal karena menyatunya  keempat unsur tersebut dan berakhirpun karena berpisahnya keempat unsur tersebut. Keemapt unsur tersebutlah yang membentuk segala macam bentuk kehidupan di alam ini.

Namun sebenarnya pendapat dari Empodocles ini sesungguhnya merupakan penyempurnaan dari pendapat para pendahulunya. Seperti Thales yang menyatakan bahwa airlah sesungguhnya unsur utama dimana kehidupan ini berasal. Sedangkan Anaximenes (570-526 SM) beranggapan bahwa udaralah unsur utama dimana kehidupan ini berasal.

Begitulah pendapatnya, tentunya sebagai seorang muslim yang baik, kita harus memaknai dengan hati-hati. Landasan agama sangat perlu sekali, sejauh yang kami ketahui dan fahami, tidak ada masalah dengan pernyataannya tersebut. Justeru menguatkan keyakinan agama kita..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s