ELYSIUM

Stasiun Luar Angkasa "Elysium" Gambar: Internet

Stasiun Luar Angkasa “Elysium”
Gambar: Internet

Salah seorang kawan kami sangat  gemar sekali menonton dan membahas filem-filem asal Hollywood. Tidak semuanya tentunya, hanya beberapa saja. Kegemarannya pada filem-filem ini tidak berdasarkan jenis. Seperti action, drama, politik, si-fi, thriller, atau beberapa jenis filem saja. Kawan kami lebih suka menonton filem yang memiliki pesan tersirat di dalam ceritanya.

Seperti yang terjadi hari ini, kawan kami ini mempercakapkan perihal satu filem baru yang dibintangi oleh Matt Damon dan Judie Foster judulnya ialah Elysium. “Judul yang aneh..” seru kami.

“Judul ini diambil dari nama sebuah tempat yang berada di bawah kekuasaan Hades yang merupakan salah satu dari Tiga Dewa Utama dalam Mitologi Yunani. Dewa Hades menguasai Alam Akhirat dalam kepercayaan orang Yunani Kuno. Elysium merupakan nama sebuah tempat yang dapat kita samakan dengan syurga. Sebuah tempat yang dipenuhi oleh kebahagiaan, kesenangan, dan kemakmuran. Itulah maksud dari penamaan tempat TERSEBUT (stasiun luar angkasa) yang mengorbit di luar bumi pada filem ini. Tempat ini diisi oleh orang-orang paling kaya di bumi. Semacam koloni khusus orang-orang beruang (BERDUIT), dipenuhi berbagai fasilitas moderen serta dijadikan sebagagi pusat pemerintahan bagi bumi. Sedangkan bumi  menjadi tempat yang kumuh, rusak, dipenuhi polusi, kriminalitas, serta permasalahan penduduk dan kesehatan..” terang kawan kami ini.

Pemandangan dari dalam Stasiun Elysium Gambar: Internet

Pemandangan dari dalam Stasiun Elysium
Gambar: Internet

“Suatu filem yang menyesakkan agaknya..” sergah kami.

“Iya engku, kamipun tak begitu menyukai sebenarnya. Namun karena kami tengok dalam filem ini terdapat pesan yang mengena bagi kita, terutama kita-kita yang ada di Sumatera Barat saat ini. Maka dari itu kami tonton hingga usai..” jawab kawan kami.

“Pesan apakah itu engku..?” tanya kami heran.

Kawan kami tersenyum dan kemudian menjelaskan “Filem tersebut menggambarkan bahwa pada penghujung abad-21 bumi berada dalam masalah dimana penyakit merajalela, polusi semakin parah, dan populasi masyarakat bumi tak terkendali. Karena dari itu, sekelompok orang-orang beruang memutuskan untuk membuat sebuah fasilitas raksasa di luar angkasa yang diletakkan mengorbit tak jauh dari bumi. Fasilitas ini akan sama-sama berputar (berotasi) mengelilingi matahari bersama bumi. Fasilitas ini diberi nama ELYSIUM..”

Gambaran Elysim menurut Mitologi Yunani

Gambaran Elysim menurut Mitologi Yunani
Gambar: Internet

“Orang-orang kaya tinggal di sini, segala fasilitas untuk mereka cukup. Mulai dari kesehatan, air, makanan, gaya hidup,hiburan, dan lain sebagainya. Semuanya dijamin di ELYSIUM, tidak perlu khawatir apabila sakit sebab akan langsung mendapat pengobatan yang berkualitas di ELYSIUM..”

“Karena tempat ini ialah Syurga. Coba engku inap-inapkan! Sama tidak dengan fasilitas mewah pada suatu kawasan tertentu yang dibangun oleh sekelompok pengusaha atau grup bisnis tertentu guna melayani orang-orang beruang. Mereka menamakannya The Se**y*n City, B*D City, dan lain sebagainya. Jangan harap akan mendapatkan pelayanan bagi yang tak memiliki uang, tabungan,  deposit, rekening, akun, atau apapun itu namanya…” tambah kawan  kami.

“Menarik engku, Lalu apa yang terjadi dengan bumi..?” tanya kami penasaran.

Sambil tersenyum sinis kawan kami ini menerangkan “Bumi menjadi SLUM AREA, kawasan kumuh dimana tingkat kejahatan tinggi, eksploitasi terhadap manusia menjadi-jadi atau dilegalkan. Sebab perusahaan-perusahaan yang beroperasi di bumi dikendalikan dari ELYSIUM. Pemimpin perusahaan datang dan pergi setiap harinya, tidak pernah tinggal di bumi. Bagi mereka bumi hanyalah tempat pabrik (dapur) mereka berada, dimana mereka berinvestasi, tempat merekrut tenaga kerja murah (sangat murah malah), tempat membuang limbah, dsb.. ”

“Berbagai fasilitas tidak memadai, terutama kesehatan. Beberapa pasien yang seharusnya dirawat inap terkadang disuruh bawa pulang oleh fihak rumah sakit – . Obat-obatan mahal dan susah untuk di dapat. Pada masa ini tampaknya slogan ORANG MISKIN DILARANG SAKIT tepat untuk digunakan..”

Pemandangan di dalam Elysium menurut Mitologi Yunani

Pemandangan di dalam Elysium menurut Mitologi Yunani
Gambar: Internet

Kami cukup terkejut mendengar curaian kawan kami perihal filem tersebut “Lalu dimanakah fungsi pemerintah? Kenapa tak ditolongnya orang-orang yang menderita itu? Bukankah ada subsidi, dana bantuan, atau apapunlah itu namanya..!?”

Dengan mencemooh kawan kami menjawab “Kawan, itu hanya ada sebelum kampanye, atau sebelum tanda-tangan untuk mendapatkan izin investasi belum didapat. Engku fikir orang-orang itu hendak membiarkan fasilitas mewah mereka dipakai sesukanya oleh penduduk pribumi untuk kepentingan mereka. Kecuali penduduk pribumi tersebut hendak mau bertukar agama menjadi sama dengan mereka..?!”

Kami menjadi bingung dengan jawapan kawan kami ini. Tapi biarlah, akan kami tonton filem ini supaya kami mengerti pula. Apakah JTR juga ikut bermain dalam filem ini bersama Matt Damon dan Judie Foster. Wah, rupanya dengan uang yang dimilikinya JTR dapat pula menjadi bintang Hollywood. Memanglah bertuah orang yang memiliki uang banyak itu agaknya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s