Berkaca dari Banten

Propinsi Banten Sumber: Internet

Propinsi Banten
Sumber: Internet

Sekarang, orang-orang sedang diributkan dengan penetapan Gubernur Propinsi Banten sebagai tersangka tindakan korupsi perihal sengketa pemilu pada salah satu kabupaten di propinsi tersebut. Sungguh sangat menarik apabila engku, encik, serta rangkayo hendak melihat lebih dalam. Bahwa Banten merupakan salah satu propinsi terkaya dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD)nya yang tinggi yakni sekitar Rp. 3,03 Triliun.[1]

Namun di satu sisi, daerah ini juga dikenal dengan tingkat pengangguran dan kemiskinannya yang juga tinggai. Sungguh sangat menarik engku dan encik sekalian, bagaimana dapat hal yang demikian dapat berlaku?

Bukankah apabila kita pakai logika engku, encik, serta rangkayo sekalian Pendukung SILOAM, yang berlaku di Banten harusnya ialah sebaliknya yakni tingkat pengangguran rendah dan kemiskinanpun rendah pula..?

Banten merupakan propinsi yang kaya, kekayaannya didapat sebagian besar dari investasi. Selain dari keberadaan Bandar Udara Terbesar di Indonesia[2] serta Pelabuhan Merak yang juga merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia.  Belum lagi apabila kita lihat dengan keberadaan beberapa daerah industri pada beberapa daerah tingkat dua di propinsi tersebut.[3] Investor yang datang menawarkan uang telah menggoda hati.

Duhai engku dan encik sekalian, PAD tinggi itu sesungguhnya mendatangkan godaan untuk para pejabat, pengusaha, serta orang-orang terkait untuk melakukan korupsi. Tengok saja Gubernur Propinsi Tersebut, betapa banyak bisnisnya, betapa banyak pula keluarganya yang berhasil ia dudukkan menjadi bupati, walikota, serta anggota dewan.

Tak perlulah jauh-jauh kita tengok sampai ke Banten di Bagian Barat Pulau Jawa sana. Kita tengok saja beberapa daerah di sekitar propinsi kita yang dikenal sebagai daerah kaya dengan PADnya yang tinggi. Apakah makmur dan sejahtera rakyatnya? Apakah rendah tingkat pengangguran dan kemiskinan mereka?[4]

Kami tak faham entah apa yang sekarang tengah berlaku di negeri ini. Begitu butanyakah para Pendukung  SILOAM ini? Mana logika yang mereka agung-agungkan itu duhai engku dan encik sekalian?

Coba tunjukkan kepada kami daerah yang berPAD tinggi yang minim korupsi serta mensejahterakan penduduk asli?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s