Langgam Bahasa para Cawapres

Ilustrasi Gambar; Internet

Ilustrasi Gambar; Internet

Kami akui bahwa kami belum pernah menyaksikan debat capres, alasannya karena alasan teknis yakni karena tak memiliki televisi di apartemen (rusunawa)[1] yang mungil. Namun pada hari Senin, sepekan  yang silam kami sempat mendengarkan debat cawapres ini melalui saluran Radio RRI Pro.2 Padang, walau hanya sepotong-sepotong. Sebab ketika itu kami berada dalam keadaan mengantuk, dari belakang kemudi mobil kami hidupkan radio dan tepat pada saat itu pencarian otomatis berhenti pada Radio RRI Pro.2 Padang maka jadilah kami dengarkan debat antara cawapres ini.

Walau setengah-setengah, namun telinga kami ini mendengar sesuatu yang ganjil yakni kedua cawapres ini sering menggunakan atau kata Bahasa Inggris dengan Bahasa Indonesia. Pada kita punya padanannya dalam Bahasa Indonesia. Sungguh kami terpana, kami kira para anak-anak remaja ababil[2] saja yang suka berkelakukan demikian namun rupanya tidak. Sampai orang tua yang sudah berumur di atas 50 tahunpun gemar pula mencampur-campurkan bahasa.

Malukah mereka dengan Bahasa Indonesia? Atau

Hendak menunjukkan bahwa mereka ialah orang-orang berpendidikan kah? Sebab salah satu ciri orang berpendidikan di republik ini ialah fasih berbahasa Inggris??

Kami terkenang kembali akan kisah yang dituliskan di internet, kisah tersebut mencoba membandingkan kehidupan di Indonesia dengan Negara Korea Selatan. Salah satu perbandingannya ialah perihal bahasa, dimana rakyat Korea Selatan dari yang tua hingga yang muda sangat bangga dengan bahasa nasional mereka. Si penulis mencontohkan papan reklame, dimana sebagian besar bahasa yang dipakai pada papan reklame tersebut ialah Bahasa Korea. Begitu juga dengan mereka toko dan lain sebagainya..

Orang bijak pernah berujar “bahasa menentukan bangsa..”

Bagaimana ini engku dan encik sekalian, calon pemimpin kita saja tak faham perkara yang demikian??

[1] Rumah susun sederhana sewa

[2] Remaja labil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s