Minyak Payah

Hari Rabu dan Kamis (27&28 Agustus 2014) yang agaknya menjadi puncak dari payahnya mendapatkan BBM, setidaknya untuk Prop.Sumbar. Setidaknya untuk Kota Bukit Tinggi antrian panjang hampir terjadi di setiap SPBU, baik penggendara oto, onda,[1] maupun orang-orang yang hendak membeli minyak dengan derijen. Ada pula yang rela menanti hingga Truck BBM datang mengisi ke SPBU, terutama para pengguna oto.

Payahnya mendapatkan bahan bakar untuk kendaraan ini telah terasa semenjak dua pekan terakhir dan semakin menjadi ketika memasuki pekan terakhir Bulan Agustus ini. Bensin dan Solar mulai payah untuk didapatkan, bergerilya dari satu SPBU ke satu SPBU lainnya merupakan salah satu perjuangan, pengalaman bertemu dengan orang-orang senasib yang menanti kedatangan Truck BBMpun menjadi kisah yang tak terlupakan.

Sebagai orang biasa, rakyat hanya dapat mengira-ngira gerangan apa yang tengah berlaku. Lawakan yang dipertontonkan oleh elit di Jakarta hanya menjadi bahan tertawaan bagi mereka. Dalam hati kecil mereka, mereka telah tahu akan siapa sesungguhnya politisi itu, telah semenjak lama terinjak akibat pertarungan para raksasa.

Kami berada di fihak yang kalah, mungkin itulah salah satu anggapan di Sumbar, terkenang kembali akan kepedihan yang terjadi kurang lebih setengah abad yang lalu di Minangkabau ini. Namun anggapan serupa itu kurang tepat agaknya, sebab kelangkaan BBM melanda hampir seluruh wilayah republik ini. Jadi apa gerangan yang tengah berlaku?

Mempercayakan segala kepuasaan akan keingintahuan terhadap media ialah suatu yang kurang bijak pada masa sekarang. Karena kita telah sama-sama tahu perihal tabiat media-media yang ada di republik ini pada masa sekarang. Namun agaknya rakyat tak punya pilihan, sebab hanya itulah satu-satunya sumber pengetahuan mereka akan kejadian yang tengah berlangsung. Penguasaan terhadap internet belumlah merata pada rakyat di republik ini.

Sebagai rakyat kita hanya dapat menerka-nerka saja tanpa ada kepastian yang jelas, namun yang pasti agakanya ini hanyalah permulaan saja..

[1] Mobil, Motor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s