Propaganda Halus di Jejaring Pertemanan

Ilustrasi Gambar: Internet

Ilustrasi Gambar: Internet

Propaganda agaknya tak pernah berhenti, selalu kreatif dan mengubah-ubahnya sesuai dengan kebutuhan. Apabila tak mempan maka diubah cara dan tampilannya, dicoba lagi, kemudian kembali ditinjau. Masyarakat Awam sangat mudah diprovokasi, diperdaya, dan diarahkan pendapat mereka. Terus terang kami kagum dengan kerja para propagandis dari Fiihak Penguasa saat ini, bekerja tiada henti dan kreatif, tampaknya Jasmev tiada pernah bubar namun tetap bekerja di balik layar.

Akhir-akhir ini kami dapati di jejaring pertemanan di Ranah Maya semakin gesit saja orang yang mengaku Minangkabau mempropagandai orang Minangkabau perihal pilihan politik kami. Dengan langgam bahasa yang cerdik mereka mencoba mengiring opini publik di Minangkabau untuk menerima kekuasaan saat ini. Kami yakin ada kekuatan dan dana besar yang menjadi dalang ini semua. Terkenang kami dengan masa penjajahan Belanda dimana orang Minangkabau dengan sifat keras kepalanya tiada hendak menundukkan diri kepada penguasa saat itu – Pemerintah Kolonial Belanda – bagi orang Minangkabau ketika itu “Oranag Belanda ini hanya menumpang hidup di negeri kita..” oleh karena itu semangat nasionalisme sangat mudah tumbuh dan subur di negeri ini.

Belajar dari pengalaman sejarah tersebut, tampaknya para pengendali kekuasaan mencoba untuk mengendalikan pemikiran orang Minangkabau, Jejaring Pertemanan menjadi media yang dipilih karena melalui jejaring inilah orang Minangkabau yang keras kepala menyuarakan pendapat mereka. Oleh karena itu mereka harus ditundukkan dengan menguasai alam fikiran mereka. Percuma mengambil sikap frontal dengan Orang Minangkabau karena mereka keras kepala dan berwatak keras, semakin dikerasi maka mereka semakin keras.

Kami tersenyum dan gelak-gelak saja mendapati berbagai Postingan Propagandis di jejaring pertemanan ini, namun perlahan perasaan cemas dan khawatir mulai menyusup ke hati kami, sebab banyak juga orang Minangkabau yang terpengaruh karena para propagandis ini agaknya telah dibekali dengan Ilmu Logika sehingga mereka dapat dengan mudah menjawap bantahan dan sanggahan dari para komentator. Khawatir kami secara perlahan Orang Minangkabau akan terpengaruh sehingga lima tahun mendatang mereka akan memenangi pemilu di propinsi ini.

Tidak semua orang faham sejarah, tidak semua orang pula mengerti politik, dan tidak semua orang pandai bersilat lidah. Semakin lama usaha mereka semakin gesit, bertahap, dan sering (tiap hari, tiap jam, tiap menit, dan tiap detik). Banyak orang Minangkabau sekarang yang tiada faham sejarah dan agama mereka sehingga dengan mudah fikiran mereka dipengaruhi oleh para ahli propaganda, para muanfiqun ini sangat membahayakan, lebih berbahaya dari musuh sebenarnya.

Berhati-hatilah kita orang Minang ini, kenali diri kita, kenali bangsa (Minangkabau) kita, perdalam Adat & Agama kita, serta cari tahu perihal sejarah negeri kita. Jangan mudah terpedaya karena musuh ada di sekeliling kita..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s