Kekurang Telitian Kita

Picture: Here

Renungan pasca sahur :

Tentu saja geng para manipulator politik, avonturir politik, para investor politik, dan para koruptor sangat senang dengan pemilihan presiden langsung dengan sistem proporsional melalui partai-partai politik.

Dalam suasana politik uang (“money politics”) yang sangat kental, dengan sebagian besar pemilih yg lugu dan miskin. Oleh karena sebelum pemilihan para pemilih sangat rentan untuk disogok. Selama pemilihan, data perhitungan suara bisa disedot dan dimanipulasi. Dan setelah pemilihan sama sekali tidak ada pengaruh pemilih yang bisa menghambat kegiatan mereka.

Sekarang kita semua merasakan apa akibat sistem pemilihan ini. Sangat sukar untuk dikendalikan.

Sekedar perbandingan, Amerika Serikat yg sudah kurang lebih 200 tahun menganut sistem presidensial, dengan pemilih yg lebih terdidik dan relatif lebih makmur, tidak menggunakan sistem proporsional, tetapi sistem distrik. Dan memilih sistem pemilihan tidak langsung dengan membentuk sebuah dewan pemilih presiden (” electoral college “) yg terdiri dari utusan-utusan distrik pemilihan itu. Belum pernah terdengar adanya penyogokan terhadap pemilih atau penyedotan dan manipulasi perhitungan suara. Pengaruh para pemilih dalam pemerintahan sangat efektif.

—————————-||—————————

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s