Fitrah = Tabi’at Baru

Picture: Here

MERAYAKAN
Disalin dari fesbuk Ilham Yusardi.

Sore sebelum berbuka saya menujur pasar kota Payakumbuh. Spontan saja saya ingin menghabiskan waktu jelang berbuka jalan kaki putar-putar gang, los atau melewati deretan pedagang kaki lima. Sendiri saja.

Suasana pasar jelang ‘Hari Rayo’ membawa saya pada ingatan masa kecil di pasar raya padang. Begitu dahsyatnya fenomena jelang hari rayo. Semua orang tumpah ruah di pasar. Beli ini beli itu untuk hari rayo. Ibu-bapak menggiring anak ke toko toko baju, anak gadis bersama amak berebut langkah ke toko kue, ke toko karpet, toko gorden, toko jilbab segala macam. Bujang Bujang tak tinggal memilih selembar atau dua stel celana lepis atau baju model terbaru. Halaman toko berjejalan kendaraan parkir. Pedagang toko tersenyum jual beli meningkat menjelang hari rayo. Gemuruh takbir dari speker berulang ulang merangsang otak untuk mendekat ke hadapan pedagang. Belilah meski selembar kolor atau sehelai kutang! Agar hari rayo termasuklah orang orang yang bersenang-riang. Hadiah untuk pemenang!

Tapi, selalu saja dari dulu saya tidak terusik dengan jelang hari rayo. Saya tak beli baju baru, tak beli sarung baru, tak beli sendal baru karena besok pagi lebaran. Karena saya tak membutuhkan hal demikian. Kedua, karena dulu uang untuk membeli segala baru jelang lebaran saya tak berada.

Aneh saja, ketika hari rayo badan memakai baju baru tetapi ibadah puasa compang camping. Ganjil saja, ketika hari rayo kita memakai segala kemewahan lahiriah yang bergelantungan di badan tetapi hati kita masih digayuti kesombongan dan kepongahan. Aneh saja ketika kita mudik, pulang bukan untuk kembali pada fitrah kita sebagi insan yang dimuliakan Tuhan. Kita Mudik atau pulang hanya sekadar untuk merayakan dan membuktikan pencapaian duniawi saja. Hari Rayo tapi kita tidak tahu apa yang dirayokan. Wallahualam…

Leave a Reply

